Monday, October 13, 2008

Sudahkah Anda Memiliki Tujuan

Banyak para ahli yang mengatakan bahwa orang dewasa yang memiliki tujuan jelas dan secara tertulis hanya sekitar 3%. Angka ini didapat dari penelitian di Amerika Serikat, entah dengan di Indonesia. Bagaimana menurut Anda?

Padahal tujuan ibarat bintang yang menjadi panduan bagi orang yang berlayar dimalam hari. Tanpa bintang dia bisa kehilangan arah dan bingung harus ke mana dia pergi. Begitu juga dengan keuangan, dengan tujuan yang jelas dan tertulis akan memberikan arah kepada Anda, apa saja yang harus dilakukan.

Bicara tentang tujuan, ada baiknya jika saya kutipkan ceramah AA Gym tentang bisnis dengan hati :

“Andai kata tujuan sudah ditetapkan, sepelan apapun kita bergerak insya Allah merupakan kemajuan, tetapi bagi orang yang tujuannya tidak tetap, segigih apapun bergerak bisa jadi menuju kehancuran”.

Tujuan adalah acuan dalam membuat rencana. Sementara rencana adalah panduan dari tindakan Anda. Tanpa tujuan Anda tidak punya rencana, tanpa rencana tindakan Anda tidak akan terarah.

Tujuan akan sangat membantu dalam keefektifan Anda bertindak, bahkan tujuan bisa memberikan gairah hidup yang lebih besar.

Tujuan sangat vital bagi kesuksesan Anda, selain sebagai sumber motivasi, dengan tujuan bisa melihat sudah sampai dimana kemajuan kita.

Tujuan dapat memfokuskan tindakan kita dengan kata lain dapat meningkatkan konsentrasi. Tindakan yang terfokus atau konsentrasi akan menghasilkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Tujuan membuat hidup lebih mudah, karena tindakan-tindakan yang akan kita lakukan lebih tersusun dan terorganisasi. Hidup kita lebih jelas, rapi, teratur, dan yang lebih penting ialah hidup kita menjadi lebih terkendali.

Ketidakpastian tujuan adalah titik awal dari semua kegagalan. Untuk menjadi sukses, Anda harus memutuskan dengan tepat apa yang Anda inginkan, tuliskan dan kemudian buatlah sebuah rencana untuk mencapainya.

No comments: